LABOLATORIUM BERSTANDART INTERNASIONAL DENGAN ISO 17025

ISO 17025 adalah standar internasional yang memberikan persyaratan umum untuk kompetensi pengujian dan laboratorium kalibrasi. Standar ini memberikan kerangka kerja yang jelas untuk laboratorium dalam memastikan keakuratan, ketelitian, konsistensi, dan keandalan hasil pengujian. Mari kita jelajahi lebih dalam tentang pengertian, prinsip, serta manfaat penerapan standar ISO 17025.

Penerapan ISO 17025 membawa sejumlah manfaat, antara lain:

  1. Keandalan Hasil: Standar ini membantu laboratorium dalam meningkatkan keandalan hasil pengujian atau kalibrasi, karena mengharuskan adanya kontrol yang ketat terhadap semua aspek proses.
  2. Peningkatan Kredibilitas: Laboratorium yang terakreditasi ISO 17025 diakui secara internasional sebagai laboratorium yang kompeten dan dapat diandalkan, sehingga meningkatkan kredibilitas di mata pelanggan dan pihak-pihak yang berkepentingan lainnya.
  3. Kepercayaan Pelanggan: Dengan memastikan keakuratan dan konsistensi hasil, laboratorium dapat memperkuat kepercayaan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
  4. Pemenuhan Persyaratan Regulasi: ISO 17025 membantu laboratorium dalam memenuhi persyaratan regulasi yang berlaku, baik itu dalam lingkup nasional maupun internasional.
  5. Peningkatan Efisiensi: Implementasi sistem manajemen kualitas yang sesuai dengan standar ISO 17025 dapat membantu laboratorium dalam meningkatkan efisiensi proses dan mengurangi risiko kesalahan.

Bagi laboratorium yang sebelumnya belum menerapkan ISO maka harus melakukan pengendalian terhadap dokumen, risiko peluang, tindakan korektif, audit internal, dan tinjauan manajemen. Itulah informasi mengenai manfaat dan persyaratan penting dalam ISO/IEC 17025:2017 yang harus Anda ketahui. Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai ISO/IEC 17025, maka Anda bisa mengikuti berbagai pelatihan yang membahas materi tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti pelatihan tentang jenis-jenis ISO lainnya untuk menambah pengetahuan serta wawasan Anda. Jangan lupa pilih lembaga penyedia pelatihan yang berkualitas dan terpercaya.