Tips Tetap Termotivasi di Kantor saat Puasa Ramadan, Produktif!

Menjelang Idul Fitri 2023, sebagian besar masyarakat yang merayakannya pasti harus melakukan ibadah puasa terlebih dahulu. Sayangnya, bagi mereka yang harus tetap bekerja sembari berpuasa tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri.

Jika kamu termasuk salah satunya, maka tips di bawah ini dapat menjadi solusi agar tetap produktif selama puasa di kantor. Penasaran apa saja itu? Yuk, langsung intip deretan kiat selengkapnya di bawah ini!

1. Persiapkan diri dengan rencana harian

Mempertahankan fokus saat bekerja di kantor selama puasa Ramadan menjadi hal utama yang wajib dilakukan. Oleh karenanya, mempersiapkan diri dengan rencana harian dapat menjadi salah satu kiat yang bisa kamu lakukan.

Membuat to-do list berdasarkan skala prioritas akan membantumu bekerja secara lebih efektif. Utamakan pekerjaan yang membutuhkan lebih banyak energi di jam-jam awal hari kerja, seperti meeting atau pertemuan penting lainnya agar kamu dapat melakukannya dengan maksimal. 

2. Hindari kerja secara multitasking

Seiring dengan rencana kegiatan harian yang telah ditetapkan, kamu juga dapat menghindari kerja multitasking saat berpuasa. Hal tersebut dilakukan agar pikiran gak dibingungkan dengan terlalu banyak tugas berbeda sekaligus.

3. Kurangi penggunaan media sosial

Selain kerja multitasking, hal lain yang perlu dihindari guna menjaga fokus saat berpuasa ialah penggunaan media sosial secara berlebih. Mungkin sulit untuk dilakukan, namun terbukti dapat meningkatkan motivasi saat bekerja.

4. Maksimalkan waktu istirahat untuk mengembalikan fokus

Menjelang pertengahan hari kerja, pikiran biasanya akan lebih mudah terdistraksi. Mengatasi hal tersebut, kamu dapat memaksimalkan waktu istirahat untuk mengembalikan fokus. 

5. Manfaatkan waktu luang dengan olahraga

Jika memungkinkan, kamu juga dapat memanfaatkan fasilitas kantor dengan berolahraga di sela-sela waktu luang. Pasalnya, melakukan olahraga akan membantu meningkatkan dan mempertahankan energi dalam tubuh.

Ketika kamu berolahraga, tubuh akan melepaskan endorfin yang dapat mengangkat suasana hati menjadi lebih baik. Hal tersebut tentu akan membantumu tetap bugar, fokus, serta termotivasi kembali untuk bekerja.

Namun, coba hindari olahraga yang terlalu berat, mengingat masih berjalannya waktu puasa. Jika diharuskan bekerja secara lembur, kamu juga dapat melakukan olahraga setelah jam buka puasa agar tubuh lebih bertenaga..

 

sumber: https://www.idntimes.com/life/career/raymond-clement/tips-tetap-termotivasi-di-kantor-saat-puasa-c1c2?page=all